Jumat, 20 Agustus 2010

- Liga Jerman 2010/2011
Bundesliga Tak Banyak Belanja

Berlin - Klub-klub Bundesliga tampil pasif di bursa transfer musim panas. Si juara bertahan Bayern Munich bahkan tak punya pemain yang benar-benar baru.

Menghambur-hamburkan uang untuk belanja pemain tampaknya tak jadi agenda Bayern dan Louis van Gaal musim panas ini. Ketimbang membeli pemain baru, Bayern hanya menambah kontrak Thomas Mueller dan memanggil Toni Kroos yang sebelumnya dipinjamkan ke Bayer Leverkusen.

Kebijakan Bayern ini sendiri sebenarnya juga menggambarkan kecenderungan umum para klub-klub Bundesliga lain, yang total hanya mengeluarkan 87 juta euro, lebih sedikit 62 juta euro dibandingkan musim panas tahun lalu, seperti dicatat Times Live.

Bicara soal pengeluaran, VfL Wolfsburg dicatat sebagai klub yang paling boros dengan manajer klub Dieter Hoeness memberikan izin untuk pelatih baru Steve McClaren dalam membelanjakan 22,6 juta euro untuk membeli pemain dan hanya mendapat 10,45 juta euro dalam menjual.

Pembelian termahal McClaren adalah Simon Kjaer. Pemain bertahan Denmark itu dibeli dari klub Seri A Palermo dengan harga 12 juta euro. Pendapatan cukup besar didapat dari penjualan Obafemi Martins ke klub Rusia Rubin Kazan seharga 9 juta euro.

Wolfsburg tampaknya memang sangat berambisi untuk kembali bisa bersaing atau bahkan jadi jawara Bundesliga seperti musim 2008–09, setelah musim lalu mendapat hasil mengecewakan dengan finis di posisi delapan.

Stuttgart, yang musim lalu finis di posisi enam, menjadi klub Bundesliga yang mendapatkan pemasukan cukup besar musim panas ini. Ini terjadi setelah mereka melepas Sami Khedira ke Real Madrid dengan harga 14 juta euro.

Dalam usaha memperkuat tim, SV Hamburg harus mengeluarkan uang sebesar 7,5 juta euro untuk merekrut Heiko Westermann dari Schalke. Namun, tim yang menuntaskan musim lalu di peringkat tujuh itu berhasil mendapatkan 12,5 juta euro dari hasil penjualan Jerome Boateng ke Manchester City.

Tanpa belanja besar, klub-klub Bundesliga memberikan ruang lebih buat para pemain muda. Sejumlah 34 pemain dicatat meraih promosi ke tim senior di klubnya masing-masing.

Selain itu free transfer juga cukup mengambil porsi besar dalam bursa transfer Bundesliga musim panas ini. Lebih dari dua per tiga transfer yang terjadi tidak melibatkan uang transfer alias bebas transfer.

Michael Ballack dan Raul Gonzalez adalah dua contoh free transfer yang melibatkan nama besar. Ballack, yang sebelumnya membela Chelsea, kembali ke bekas klubnya Bayer Leverkusen sementara Raul bergabung dengan runner-up musim lalu, Schalke.

Selain Raul, Schalke juga mendapatkan bek Christoph Metzelder dengan status bebas transfer dari Real Madrid. Selain itu Schalke membeli Sergio Escudero dari Real Murcia seharga 2,5 juta euro, walau kehilangan Kevin Kuranyi yang hijrah dengan status bebas transfer ke Dynamo Moscow.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar