Selasa, 21 September 2010

- Bayern Terpuruk, Van Gaal Tak Risau

Munich - Bayern Muenchen mengawali Bundesliga musim ini dengan hasil mengecewakan. Meski begitu, arsitek Die Roten Louis van Gaal merasa kalau timnya malah lebih baik dari tahun lalu.

Dari empat pertandingan yang telah dijalani sejauh ini, Bayern cuma meraih satu kemenangan. Miroslav Klose cs memetik satu hasil seri dan dua kali menelan kekalahan.

Menanggapi hasil terburuk Muenchen dalam 33 tahun, Van Gaal toh tak risau. "Saya tidak akan menyalahkan siapapun," ujar dia kepada SID yang dikutip AFP.

Bagi pelatih asal Belanda itu, penampilan Bayern tahun ini bahkan lebih baik ketimbang tahun lalu. Seperti diketahui, tahun lalu Bayern menjuarai Bundesliga, plus meraih DFB Pokal dan jadi runner-up Liga Champions.

"Saya sudah menganalisis musim ini dan saya tidak bisa bilang kalau kami bermain buruk. Kami bermain lebih baik daripada tahun lalu," sanggah Van Gaal kemudian.

Sebagai pembanding, di empat pertandingan pertama tahun lalu, Bayern juga cuma meraup lima angka. Hanya saja saat itu Die Roten punya selisih gol plus dua, sedangkan saat ini mereka minus satu.

Untuk memperbaiki penampilan Muenchen, Van Gaal menyerahkannya kepada para pemain dan memilih tidak memberi tekanan tambahan ke anak-anak asuhnya.

"Semuanya ada di kepala mereka. Para pemain tahu apa yang terjadi saat kami cuma mendapat sedikit angka. Tekanan datang dari luar, dari media dan dari para direktur," kata Van Gaal.

"Ini normal. Kami adalah tim besar dan kami seharusnya ada di papan atas. Musim ini masih panjang. Maret, April akan jadi masa krusial dan pada saat itu, kami harus memastikan kami ada di atas," tegas dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar