Senin, 24 Januari 2011

- Saatnya Dortmund Juara

Dortmund - Borussia Dortmund merupakan tim yang memiliki peluang paling besar untuk menjuarai Bundesliga. Ini saatnya bagi tim berjuluk Die Schwarzgelben itu untuk mengulangi prestasi satu dekade silam.

Dortmund saat ini ada di peringkat pertama klasemen sementara Bundesliga. Tim asuhan Juergen Klopp itu memimpin dengan poin 47 atau berselisih 11 poin pesaing terdekat Bayer Leverkusen.

Sejumlah lawan Dortmund sudah "mengangkat" bendera putih. "Puncak klasemen sudah menjadi milik orang lain sekarang. Dortmund sudah jauh sekali berada di depan," ujar pemain Leverkusen Michael Ballack di AFP.

"Target minimal kami musim ini sekarang adalah memastikan finis di zona Liga Champions," ujar striker Bayern Munich Thomas Mueller akhir pekan lalu. Die Roten sendiri saat ini ada di peringkat keempat klasemen sementara.

Dortmund memiliki catatan 15 kemenangan dari 19 pertandingan yang mereka lakoni. Tim yang bermarkas di Signal-Iduna Park itu baru dua kali seri dan dua kali kalah.

Dortmund mencetak 43 gol dan kebobolan hanya 12 gol sejauh ini. Shinji Kagawa dan Lucas Barrios memimpin daftar pencetak gol terbanyak klub dengan masing-masing delapan gol.

Salah satu kunci permainan Dortmund terletak pada pemain-pemain muda mereka. Ada empat pemain muda dari tim yang bermarkas di Signal-Iduna Park tersebut yang diberi kesempatan oleh pelatih timnas Jerman Joachim Loew untuk menegenakan seragam Der Panzer. Mereka adalah Mats Hummels dan Kevin Grosskreutz, serta Marcel Schmelzer dan Mario Goetze.

"Dortmund memiliki tim dengan pemain muda dan lapar akan kesuksesan. Hal itu positif untuk membangun semangat tim. Di atas itu semua, cara bermain Dortmund sungguh membaut saya terkesan. Setelah memenangi laga melawan Leverkusen, mereka memiliki kesempatan terbaik untuk memenangi titel juara," kata Loew.

Dortmund pernah memasuki era emas di medio 1990-an. Menjuarai Bundesliga tahun 1995 dan 1996, puncaknya adalah juara Liga Champions dan Piala Toyota di tahun 1997. Ketika itu Dortmund dimotori oleh Mathias Sammer, Karl Heinz Riedle, Juergen Kohler, Stefan Klos, dan Joerg Henrich.

Selepas millenium baru, prestasi Dortmund sedikit melorot. Sempat juara di musim 2001/2002, selanjutnya tim yang berbasis di North Rhine-Westphalia tersebut hanya menjadi spesialis papan tengah.

Meski banyak dijagokan, namun Dortmund pilih merendah. "Jika yang memimpin Bayern Munich, mungkin kita bisa bilang kompetisi selesai. Namun kami sangat mengerti bahwa segala hal bisa berubah dan tugas kami adalah bertahan di jalur yang kami lalui ini," ujar pelatih Juergen Klopp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar